Mengirim Aplikasi Android Dalam Bentuk Apk Melalui Bluetooth

Berbagi itu indah sob, termasuk membuatkan aplikasi Android kepada kawan-kawan kita yang membutuhkan (baca: pengen). Untuk membagikan aplikasi Android, kita biasanya akan mengirimkan link downloadnya, entah itu dari Play Store, atau website download lainnya.

 termasuk membuatkan aplikasi Android kepada mitra Mengirim Aplikasi Android dalam Bentuk APK Melalui Bluetooth

Nah, persoalan kemudian muncul dikala mitra Anda meminta file APK dari aplikasi yang terinstall di ponsel Anda. Padahal aplikasi tersebut Anda peroleh pribadi dari Play Store (jadi dalam kasus ini Anda tak punya file APK-nya).

Lalu bagaimana cara mengirim APK dari aplikasi yang sudah terinstall di ponsel Android?


Teknik Kirim APK ke Android Lain via Bluetooth dkk


Gampang sob, tinggal install atau jalankan aplikasi ES File Explorer. Buka Fast Access (tap menu hamburger/tiga garis). Pilih Library (Pustaka), tuju belahan APP (tunggu beberapa dikala hingga ES Explorer menampilkan daftar aplikasi yang terpasang di Android Anda),

 termasuk membuatkan aplikasi Android kepada mitra Mengirim Aplikasi Android dalam Bentuk APK Melalui Bluetooth


Tekan dan tahan aplikasi Android yang akan dibagikan ke mitra Anda.

 termasuk membuatkan aplikasi Android kepada mitra Mengirim Aplikasi Android dalam Bentuk APK Melalui Bluetooth


Tap tombol Share (Bagikan), kemudian pilih share via Bluetooth, email, atau melalui aplikasi chat yang mempunyai kemudahan kirim file (BBM misalnya). Beres.

 termasuk membuatkan aplikasi Android kepada mitra Mengirim Aplikasi Android dalam Bentuk APK Melalui Bluetooth


Iya, bila kita melaksanakan share aplikasi memakai ES Explorer, yang dikirim bukanlah link downloadnya, melainkan file APK dari aplikasi yang bersangkutan. Hal tersebut tentunya akan megampangkan mitra Anda dalam mendapat file APK tanpa harus mengunduhnya secara pribadi dari Google Play Store.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat saling berkirim aplikasi Android dengan aplikasi ShareCloud. Seperti namanya, ShareCloud ialah aplikasi khusus yang dibentuk untuk membuatkan aplikasi Android (tidak spesialuntuk APK, Anda juga dapat pilih link downloadnya saja).


Kirim file APK Sebenarnya Tidak Dimasukankan


FYI: mengirim file APK untuk dipakai di perangkat Android lain bahwasanya tidak dimasukankan. Kenapa? Masalah klasik sob, kompatibilitas. Pengembang aplikasi Android pada umumnya spesialuntuk mempunyai satu versi APK untuk satu aplikasi, namun untuk tujuan tertentu, ada juga yang membuat beberapa versi APK untuk sebuah aplikasi. Sebabnya ya itu tadi, kompatibiltas (tahu sendiri kan bila Android mempunyai banyak versi dan juga hardware?).

Misalnya saja aplikasi YouTube, setidaknya ada dua versi APK untuk aplikasi pemutar video online tersebut. Versi pertama khusus untuk perangkat Android dengan prosesor berarsitektur ARM, dan versi kedua untuk perangkat Android dengan prosesor besutan Intel (X86). misal lagi aplikasi Facebook, yang sekarang terbagi menjadi sekitar 3 versi APK (versi API9 untuk Gingerbread+, API14 untuk ICS+, dan API21 untuk Lollipop+).

Nah, oleh alasannya yaitu itulah, membuatkan file APK seringkali menyebabkan persoalan (tidak terpasang, error, terpasang tapi ngelag parah), terutama bila Anda mencoba memasang APK dari perangkat Android ARM (Redmi misalnya) pada perangkat Android X86 (Zenfone misalnya). Meski begitu, ada juga aplikasi ARM yang dapat berjalan di X86 dan sebaliknya (banyak malah), tapi tentu saja kurang baik performanya.


Boleh Berbagi APK Asal Paham Jenis dan Variannya


Makara untuk Anda yang gemar berbagi aplikasi (karena membuatkan memang indah), lihat terlebih lampau arsitektur Android Anda (apakah ARM atau X86?), lihat juga versi Android Anda (Gingerbread atau Lollipop?). Lihat juga perangkat Android sasaran membuatkan Anda, apakah sudah cocok? Bila sudah, pribadi tembak saja sebelum ketikung 😄

Terlalu rumit harus pilah-pilih APK yang cocok? Teknik yang paling kondusif dan nyaman ya pribadi download aplikasi Android dari Google Play Store saja sob (kecuali untuk APK yang tidak tersedia di Play Store. Selamat mencoba 😉
0 Komentar untuk "Mengirim Aplikasi Android Dalam Bentuk Apk Melalui Bluetooth"

Back To Top