Cara Mengubah Android Menjadi Joystick Untuk Android Lainnya

Bukannya pernah dibahas? Benar sob, tapi yang ini beda. Bila di artikel sebelumnya kita memakai aplikasi BT Controller, kali ini yang akan dibahas yakni emulator Nintendo Entertainment System (NES) untuk Android yang mempunyai fitur Wifi controller.

 Bila di artikel sebelumnya kita memakai aplikasi  Teknik Mengubah Android Menjadi Joystick untuk Android Lainnya

Sebelumya kita flashback doloe. Main game Android pakai stick eksternal memang mengasyikkan dan tentu lebih greget dibandingkan pakai layar sentuh saja. Walau begitu, akungnya tidak tiruana perangkat Android dapat dipasangi stick macam stick PS2, PS3, Xbox, dan sebangsanya. Kenapa demikian?


Kenapa Android Tidak Support Gamepad?


Sebenarnya itu problem klasik, namun hingga ketika ini masih saja ruwet bin njlimet 😃. Sederhananya, tidak tiruana produsen atau vendor smartphone Android memandang fitur gamepad eksternal sebagai nilai jual. Mereka lebih mengutamakan fitur kamera, ketajaman layar, ketahanan baterai serta sejumlah gimmick pendukungnya.

Masuk nalar sih, alasannya yakni orang beli hape akil umumnya memang buat foto-foto, browsing medsos, dan juga komunikasi; tidak semata-mata buat nge-game saja. Makara meskipun intinya OS Android sudah menyediakan driver khusus untuk gamepad, nyatanya tidak tiruana perangkat berbasis Android dapat dipasangi gamepad sob (karena drivernya tidak disertakan oleh sang vendor).


Pilih Android buat Gaming?


Lalu bagaimana cara menentukan Android yang cocok untuk nge-game pakai joystick atau gamepad? cepatdangampang-gampang susah sob, namun pada umumnya ponsel atau tablet flagship (unggulan, andalan) dari vendor ternama sudah dibekali dengan driver yang sangat lengkap (termasuk driver gamepad), atau setidaknya pilih yang speknya menengah ke atas.


Ubah Android jadi Stick buat Android Lainnya


Ok, kembali ke topik pertama. Bila ternyata Android Anda memang tidak dibekali driver pengenal stick eksternal, gunakan saja Android lain sebagai gamepad sob. Iya, dengan memakai emulator Nostalgia.NES, kita dapat mengubah Android menjadi joystick untuk Android lainnya. Tekniknya praktis sekali, pribadi saja simak video dari channel YouTube Megampangkan diberikut ini.


Meskipun masih pakai layar sentuh, paling tidak kita dapat mencicipi pengalaman unik main game di Android pakai stick eksternal, menyerupai layar bebas jempol, pandangan lebih luas membersihkan alasannya yakni absennya tombol virtual, dan dapat main game rame-rame (multiplayer). Selama mencoba 😊
Tag : Android, Game, Vlog
0 Komentar untuk "Cara Mengubah Android Menjadi Joystick Untuk Android Lainnya"

Back To Top