Google Go: Aplikasi Google Ekonomis Ram Dan Kuota Internet

Aplikasi Android berukuran kecil, enteng, cepat, dan ekonomis kini tengah jadi tren sob. Iya, aplikasi yang umumnya berlabel "lite" tersebut ternyata sangat diminati oleh pengguna Android di negara-negara berkembang macam Indonesia tercinta.

 tersebut ternyata sangat diminati oleh pengguna Android di negara Google Go: Aplikasi Google Hemat RAM dan Kuota Internet

Bagaimana tidak, untuk bertahan di antara hiruk-pikuknya kemudian lintas internet yang masih jauh dari kata merata, cepat, maupun stabil, mau tidak mau kita perlu memilah aplikasi mana saja yang sekiranya ahli berjalan di hape Android yang rata-rata masih ber-RAM 2Gb (ke bawah).

Belum lagi buat netizen yang aktif di bermacam medsos, bayangkan saja berapa aplikasi yang aktif (jalan di background) secara bersamaan sambil terus menyedot kuota internet? Di samping membuat hape makin sesak napas, pulsa pun semakin cepat amblas 😀. Oleh alasannya yakni itu, hadirlah aplikasi Android versi lite sebagai alternatif enteng dari aplikasi-aplikasi Android reguler (baca: berat) tersebut.

Seakan tidak mau ketinggalan tren, baru-baru ini Google sedang melaksanakan serangkaian tes pada aplikasi lite terbaru mereka, iya, apalagi kalau bukan Google Go (sebelumnya berjulukan Google Search Lite). Saat artikel ini diketik, aplikasi penelusuran enteng tersebut gres tersedia di beberapa negara saja, termasuk Indonesia.

 tersebut ternyata sangat diminati oleh pengguna Android di negara Google Go: Aplikasi Google Hemat RAM dan Kuota Internet

Sayangnya tidak tiruana pengguna Android di Indonesia memperoleh peluang untuk mencoba aplikasi Google versi enteng itu sob. Berdasarkan gosip yang beredar, kita wajib mengisi form khusus (dari sebuah iklan yang dipasang oleh Google di Facebook) supaya bisa menjadi terster aplikasi Search Lite.

Walau demikian, kini kita sudah bisa mencoba Google Go tanpa mendaftar, cukup dengan memasang file APK kini sudah beredar luas di jagat maya (link tersedia di selesai artikel). Ukurannya tidak hingga 4Mb (sekitar 18Mb sehabis dipasang), bandingkan dengan aplikasi Google Search reguler yang mencapai 200Mb dikala terpasang.

Tampilan Google Go cukup menyegarkan mata dengan background yang bisa diganti sesuai selera. Fungsi dan fiturnya kurang lebih sama dengan aplikasi Google Search reguler, bisa dipakai untuk melaksanakan penelusuran dengan mengetik kata kunci secara manual atau dengan perintah suara. Widget-nya juga terlihat lebih canggih daripada widget Search reguler sob.

 tersebut ternyata sangat diminati oleh pengguna Android di negara Google Go: Aplikasi Google Hemat RAM dan Kuota Internet

Selain penelusuran, terdapat beberapa hidangan di laman utama Google Go, menyerupai Berita, Cuaca, Terjemahkan, dsb. Menariknya, letak kotak penelusuran Google Go diletakkan di sisi bawah layar sob (mirip laman utama Pixel 2), sehingga lebih simpel dijangkau (terutama untuk layar di atas 5inci).

Google Go sudah diatur untuk meminimalkan penerapan kuota data internet secara default, namun bila masih kurang, kita bisa mengaktifkan opsi "Use light web page" (Gunakan Mode Ringan) melalui Setelan (ikon gir di kanan atas layar) → Data → Gunakan Mode Ringan.

Nah, tertarik untuk menghemat memori, RAM, dan kuota internet dengan Google Go? Silakan unduh dan pasang aplikasinya via link di bawah ini. Sekedar pengingat, dikala ini Search Lite masih dalam tahap tes kemampuan dan pemahaman sob (eksperimental), jadi bisa dikatakan belum stabil. Artikel ini akan diperbarui kalau update stabil dari Search Lite sudah tersedia (sudah bisa diunduh dari Play Store). Selamat mencoba 😊

UPDATE 12/12/2017: Google Search Lite kini berganti nama menjadi Google Go dan sudah bisa diunduh dari Play Store.

UPDATE 29/03/2019: Easter Egg: Jika kita swipe laman aplikasi Google Go hingga mentok ke kanan atau kiri, kemudian ditahan, akan muncul animasi gajah dengan beberapa variasi yang lucu. Cek IGTV Megampangkan untuk melihat videonya 😄

Download Google Go APK | Play Store
0 Komentar untuk "Google Go: Aplikasi Google Ekonomis Ram Dan Kuota Internet"

Back To Top