Mengganti Tombol Back Android Dengan Aplikasi Swipe Home Button

Apapun aplikasi Android-nya, kita selalu butuh tombol back untuk kembali (ke laman sebelumnya atau keluar dari aplikasi tersebut). Iya, tombol back memang salah satu tombol wajib pada ponsel Android. Sebagai contoh, dalam banyak aplikasi, tombol tersebut adalah pengganti tombol exit, atau paling tidak menjadi perantaranya, tanpanya, kita sanggup terjebak di masa lalu, eh, di suatu laman atau aplikasi. Bila tombol kembali tersebut sudah mulai tidak berfungsi, kita biasanya memakai tombol home untuk keluar dari suatu aplikasi, padahal dengan menekan tombol home sama saja dengan memerintahkan aplikasi untuk berjalan di background.

ke laman sebelumnya atau keluar dari aplikasi tersebut Merubah Tombol Back Android dengan Aplikasi Swipe Home Button

Untuk ponsel Android dengan navbar onscreen (tombol back, home, recent jadi satu dengan layar), ibarat Pixel, Nexus dan Android One, kemungkinan mengalami kerusakan tombol back sanggup dikatakan sangat kecil. Lain halnya dengan ponsel yang dilengkapi dengan navbar fisik atau kapasitif macam seri Galaxy atau Zenfone, seiring dengan seringnya penerapan, tombol back dan kawan-kawannya sanggup saja mengalami penurunan sensitivitas atau malah jadi ga sensitif blas ðŸ˜ƒ

Rusaknya tombol back Android bahwasanya bukan dilema gres sob, sudah sering dibahas di blog Megampangkan ini. Salah satunya, saya pernah mengulas cara pasang navbar Android Lollipop untuk ponsel yang mempunyai tombol fisik atau kapasitif dalam sebuah video singkat. Pada video tersebut, kita harus melaksanakan swipe dari bawah layar untuk memunculkan navbar, setelah itu barulah kita sanggup mengeksekusi tombol yang tersedia (back, home, dan recent), butuh setidaknya dua langkah untuk mengaksesnya, sanggup dikatakan kurang cepat sob. Oleh alasannya itu, untuk Anda yang mengutamakan kecepatan, kali ini kita akan mengulas sebuah aplikasi Android pengganti tombol back (dan kawan-kawannya) yang sanggup diakses dengan satu langkah saja.

Namanya Swipe Home Button, aplikasi Android yang berkhasiat untuk mengganti fungsi navbar dengan swipe dari bawah layar ke aneka macam arah (swipe dalam konteks ini sanggup diartikan sebagai 'mengusap'). Secara default, Swipe Home Button menyediakan tiga macam fungsi, yaitu tombol home (swipe ke atas), tombol recent (swipe ke atas kemudian kembali ke bawah), dan membuka bar notifikasi (swipe diagonal ke kanan atau kiri). Lebih jelasnya simak video dari channel YouTube Megampangkan diberikut.


Mencari fungsi tombol back? Tenang sob, (seperti yang sudah diulas pada video di atas) fungsi tombol back sanggup diaktifkan melalui pengaturan aplikasi Swipe Home Button (di bab Binding, memerlukan izin Accessibility). Selain itu, terdapat beberapa fungsi komplemen yang sanggup Anda menambahkan sendiri, ibarat fungsi untuk melewati track saat memutar musik dan fungsi membuat pintasan untuk aplikasi tertentu.


Nah, dibandingkan dengan aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya, Swipe Home Button memang relatif lebih cepat sob, alasannya spesialuntuk butuh sekali swipe untuk mengaktifkan fungsi tombol yang ada di navbar Android, jadi tak perlu pilih dan ketuk tombol lagi. Selamat mencoba 😉

Download Swipe Home Button APK: Play Store | MediaFire
0 Komentar untuk "Mengganti Tombol Back Android Dengan Aplikasi Swipe Home Button"

Back To Top