Cara Memakai Mi Grup Band 2 Sebagai Tombol Kamera Android [Tanpa Root]

Xiaomi Mi Band 2 ialah sebuah smartband atau gelang cerdik yang mempunyai banyak fungsi, ibarat penunjuk waktu, notifikasi smartphone, penghitung langkah kaki, jarak tempuh, kalori, pemantau kualitas pulas, pengukur detak jantung per menit, dan lain sebagainya.

 atau gelang cerdik yang mempunyai banyak fungsi Teknik Menggunakan Mi Band 2 sebagai Tombol Kamera Android [Tanpa ROOT]

Selain fungsi pokoknya tersebut, Mi Band 2 ternyata juga dapat dipakai sebagai tombol kamera Android jarak jauh sob (remote camera shutter). Iya, dapat dikatakan sebetulnya kita dapat mengubah fungsi Mi Band 2 menjadi tomsis alias tombol narsis untuk Android.

Kok bisa? Iya, ibarat yang kita tahu, Mi Band 2 sudah dilengkapi dengan sebuah tombol kapasitif yang dapat kita manfaatkan untuk memicu tombol shutter kamera Android. Berbeda dengan cara yang usang yang mengharuskan adanya susukan root, pada tutorial mengubah Mi Band jadi tomsis kali ini kita spesialuntuk perlu memasang beberapa aplikasi saja sob (jadi TANPA root sama sekali).

Bagaimana caranya? Sebelum melangkah lebih jauh, silakan pasang 4 aplikasi Android diberikut ini (tenang, tiruana gratis sob 😀):
  1. Mi Fit 
  2. Mi Band 2 Selfie
  3. Free Camera
  4. Universal Copy

Selanjutnya silakan simak video tutorial dari channel YouTube Megampangkan ini, atau ikuti langkah-langkah praktis di bawahnya.


Video Tutorial Menggunakan Mi Band 2 sebagai Tombol Kamera Android




Langkah-langkah Mengubah Mi Band 2 jadi Tombol Narsis (tomsis)

  1. Seperti yang sudah diulas di video, kita hubungkan doloe Mi Band 2 dengan smartphone Android melalui bluetooth.

  2. Selanjutnya kita tuju tab Profil di Mi Fit dan masuk ke setelan Mi Band 2 (di bawah "Perangkat aku"). Gulir laman ke bawah dan temukan "Alamat Bluetooth" (Mac Address).

  3. Catat alamat bluetooth Mi Band di atas kertas, dapat juga diingat-ingat, atau pakai saja aplikasi Universal Copy untuk menyalin alamat tersebut (cara memakai Universal Copy dapat disimak pada artikel Menyalin Teks dari Aplikasi Apa pun di Android).

     atau gelang cerdik yang mempunyai banyak fungsi Teknik Menggunakan Mi Band 2 sebagai Tombol Kamera Android [Tanpa ROOT]

  4. Sesudah itu jalankan aplikasi Mi Band 2 Selfie dan masukkan alamat bluetooth tadi pada isian "MAC", kemudian tekan tombol "Menghubungkan".

  5. Mi Band 2 akan bergetar sebagai tanda sudah terhubung ke aplikasi Mi Band 2 Selfie.

  6. Untuk memakai Mi Band 2 sebagai tomsis, buka aplikasi Free Camera kemudian tekan tombol kapasitif Mi Band 2. Agar lebih praktis ketika mengambil foto video dengan Mi Band 2, kita dapat memakai tripod (seperti yang saya gunakan pada video di atas) atau monopod/tongsis.


UPDATE 16/12/2017: Selain Free Camera, aplikasi Mi Band 2 Selfie kini juga dapat dipakai dengan Night Selfie Camera dan Bacon Camera.

UPDATE 16/03/2018: Mi Band 2 Selfie kini dapat dipakai pula dengan aplikasi Open Camera dan Circle Camera.

UPDATE 09/04/2019: Aplikasi Mi Band 2 Selfie juga dapat dipakai pada Mi Band 3, Amazfit Bip, dan Azmafit Arc.

Bila foto/video tidak berhasil diambil setelah tombol di Mi Band 2 ditekan, putuskan koneksi Mi Band 2 dengan aplikasi Mi Band 2 Selfie kemudian hubungkan kembali. Semisal belum dapat juga, matikan bluetooth Android kemudian ulangi langkah-langkah di atas. Pastikan pula aplikasi Mi Fit dan Mi Band 2 Selfie tetap berjalan di background (tidak dilarang oleh system) selama aplikasi Free Camera digunakan. Selamat mencoba 😊
0 Komentar untuk "Cara Memakai Mi Grup Band 2 Sebagai Tombol Kamera Android [Tanpa Root]"

Back To Top