Cara Mengaktifkan Ok Google Di Android Bahasa Indonesia

Seiring hadirnya ponsel Android Pixel dan Pixel XL, Google juga merilis ajudan personal cerdas yang dinamakan Google Assistant. Bedanya apa dengan Google Now? Sebelas dua belas sob, namun tentu saja Assistant mempunyai kemampuan yang lebih mumpuni dari penlampaunya (seperti kemampuan untuk ngobrol dua arah dan juga pemrosesan bahasa yang lebih alami berkat adanya algoritma natural language).

Seiring hadirnya ponsel Android Pixel dan Pixel XL Teknik Mengaktifkan OK Google di Android Bahasa Indonesia

Sayangnya, Google Assistant ketika ini spesialuntuk tersedia untuk pengguna ponsel Google Pixel dan Pixel XL (serta pengguna Android Nougat yang sudah mencoba APK-nya). Meski demikian, pengguna Android Marshmallow (atau yang lebih lama) bisa juga merasakan versi preview dari Assistant melalui aplikasi chat Google Allo.

Ok, kembali ke judul. Lupakan sejenak Google Assistant dan ketahui terlebih lampau terkena Google Now, yang sama-sama bisa diaktifkan dengan perintah bunyi "OK Google". Tidak menyerupai Assistant, Google Now untuk ketika ini bisa dijangkau dan dipakai oleh pengguna Android 4.4 KitKat atau yang lebih gres (Jelly Bean juga bisa namun dengan fitur yang terbatas).


Secara default, fitur perintah bunyi OK Google sudah disertakan di ponsel Android yang sudah dipasangi aplikasi Google Search versi 3.5 atau yang lebih tinggi. Agar aplikasi tersebut bisa mengenali perintah bunyi OK Google, kita perlu melaksanakan beberapa pengaturan diberikut.

  1. Update aplikasi Google ke versi terbaru (bila belum).
  2. Jalankan kemudian masuk ke Menu > Setelan > Suara > Deteksi "Ok Google".
  3. Lalu aktifkan opsi 'Dari aplikasi Google'.
  4. Sip, sekarang kita bisa memakai 'OK Google' ketika kita membuka aplikasi Google Search.

Kok opsi "Dari layar mana pun" tidak bisa dipilih? Begini sob, untuk mengaktifkan OK Google dari layar mana pun (tidak harus melalui aplikasi Google), kita wajib mengubah bahasa utama bunyi ke 'English' (karena bahasa kita ketika ini belum didukung). Teknik mengubah bahasa bunyi aplikasi Google bisa disimak dalam ulasan singkat diberikut.

  1. Pada aplikasi Google, tuju Menu > Setelan > Suara > Bahasa.
  2. Beri centang pada 'English (US)'. PENTING: Jangan lupa untuk mencentang 'Bahasa Indonesia (Indonesia)' supaya Google juga mengenali perintah bunyi dalam bahasa nasional kita. 
  3. Kemudian tekan usang 'English (US)' untuk mengaturnya sebagai bahasa utama.

Nah, setelah bahasa utama disetel ke 'English', kita bisa menentukan opsi untuk mengakses perintah bunyi OK Google dari layar mana pun (Menu > Setelan > Suara > Deteksi "Ok Google" > "Dari layar mana pun").

Bagaimana cara memakai OK Google di Android? cepatdangampang sekali sob, buka aplikasi Google, atau cukup nyalakan layar Android (bila Anda menentukan opsi 'Dari layar mana pun'), kemudian ucapkan frasa 'OK Google' diikuti dengan perintah atau pertanyaan tertentu. Misalnya menyerupai yang ditunjukkan pada video ini.


Pada video di atas, terdapat setidaknya 10 perintah bunyi OK Google yang megampangkan kita mencari info atau mengakses fitur tertentu pada perangkat Android tanpa menyentuhnya sama sekali (berguna kala kita menyetir atau lagi mager/males gerak).

Cuma sepuluh? Masih banyak sob, ada sekitar 30 perintah bunyi yang bisa disimak pada video khusus (bagian 2 dan 3) yang ada di channel YouTube Megampangkan. Penamasukan? Silakan mampir dan tidakboleh lupa like, share, dan subscribe ya :)
0 Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Ok Google Di Android Bahasa Indonesia"

Back To Top