Mencegah Anggota Grup Whatsapp Mengganti Nama, Foto, Dan Deskripsi Grup

Seperti yang sempat saya singgung di artikel sebelumnya (Menambahkan Deskripsi Grup WhatsApp), tiruana penghuni grup WhatsApp (baik admin maupun anggota) sanggup mengubah nama, foto, dan deskripsi grup sesuka hati sesuai selera. Sesudah diganti, kita juga akan memperoleh notifikasi terkena siapa pelakunya.

Seperti yang sempat saya singgung di artikel sebelumnya  Mencegah Anggota Grup WhatsApp Merubah Nama, Foto, dan Deskripsi Grup

Bukan problem besar sebetulnya bila hal tersebut terjadi di grup kecil dengan anggota puluhan orang saja. Apalagi jika penghuninya sudah saling kenal bersahabat dan kompak. Kalau pun ada yang mengganti biasanya sudah minta izin terlebih lampau, dan meski diganti tanpa izin, anggota lain juga sanggup maklum, atau mungkin eksklusif nabok pelakunya saking akrabnya.

Beda dongeng bila kita berada di dalam grup WA dengan ratusan anggota, di mana penghuninya sanggup keluar masuk grup tanpa batasan. Kemungkinan besar ada saja yang iseng mengganti foto profil grup dengan foto mantan (atau laron), mengubah deskripsi grup dengan daftar belanjaan bulanan, atau mengganti nama grup dengan nama kucing peliharaan, kemudian keluar tanpa permisi, ngeselin kan?

Mengatasi problem tersebut, hasilnya WhatsApp merilis fitur restrict group, yang berkhasiat untuk membatasi siapa saja yang boleh mengedit foto, deskripsi, maupun nama grup. Untuk ketika ini, spesialuntuk terdapat dua pilihan sob, tiruana anggota (default) dan admin saja.

Lalu bagaimana cara mencegah anggota grup mengubah deskripsi, nama, atau foto grup? Ikuti ulasan singkat di bawah ini.

PENTING SEKALI: Fitur ini spesialuntuk tersedia untuk admin grup WA. Kalau admin di grup Anda kurang update, eksklusif suruh baca artikel ini sob.

Agar Foto, Deskripsi, dan Nama Grup WA Tidak Bisa Diganti Orang Lain

  1. Untuk mendapat fitur restrict grup kini juga, silakan update aplikasi WhatsApp Android ke versi 2.18.132 atau yang lebih baru.

  2. Masuk ke laman info grup (ketuk di sini untuk info grup) - Setelan grup (Group settings) - Edit info grup (Edit group info).

    Seperti yang sempat saya singgung di artikel sebelumnya  Mencegah Anggota Grup WhatsApp Merubah Nama, Foto, dan Deskripsi Grup

  3. Bila kita menentukan Hanya admin (Only admins), tiruana penghuni grup non-admin tidak akan sanggup mengganti isu grup dalam bentuk apapun. Pilih opsi tersebut bila Anda tak ingin orang lain mengganti foto, deskripsi, dan nama grup.

    Seperti yang sempat saya singgung di artikel sebelumnya  Mencegah Anggota Grup WhatsApp Merubah Nama, Foto, dan Deskripsi Grup

  4. Semisal Semua peserta (All participants) yang dipilih, maka tiruana penghuni sanggup mengedit isu grup tanpa kecuali. Cocok untuk grup WA imut nan kompak, tetap bebas tapi bertanggung jawaban. Bisa juga buat grup besar dengan admin super rajin, rajin memperbaiki info grup yang diacak-acak tiap hari 😀

  5. Selain Edit info grup, di laman Setelan grup kita juga sanggup mengelola tugas admin melalui opsi Edit admin grup (Edit group admins). Di sana kita sanggup mengangkat dan memberhentikan satu atau beberapa admin sekaligus.

Untuk grup WA dengan admin tunggal, cara di atas sudah niscaya sanggup mengatasi keusilan penerima grup yang suka (dan sering) mengganti info grup seenaknya. Nah, semisal dalam grup WA terdapat beberapa admin, masih ada kemungkinan admin lain mengubah info grup tanpa seizin Anda. Oleh alasannya ialah itu, pastikan Anda spesialuntuk menentukan admin yang sanggup dipercaya untuk mengelola grup WA Anda, apalagi bila grup tersebut menyangkut hajat hidup orang banyak. Selamat mencoba 😊
Tag : Tips, WhatsApp
0 Komentar untuk "Mencegah Anggota Grup Whatsapp Mengganti Nama, Foto, Dan Deskripsi Grup"

Back To Top