Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)

Beberapa tahun lalu, Megampangkan pernah mengulas tentang cara install kafe navigasi Android Lollipop pada Android lawas (sebelum Lollipop) dengan memakai Xposed. Ulasan tersebut saya tujukan untuk pengguna Android yang sudah mempunyai susukan root pada ponselnya. Kali ini, Megampangkan akan mengatakan jalan untuk Anda yang ingin mempunyai kafe navigasi ala Android Lollipop tanpa harus root.

cara install kafe navigasi Android Lollipop Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)

Tunggu, Apa itu kafe navigasi Android? Navigation kafe atau kafe navigasi Android ialah kumpulan tombol navigasi Android (back, home, recent/menu) yang pada umumnya terletak di sisi bawah layar. Untuk perangkat Android yang beredar di pamasukan ketika ini, setidaknya terdapat 3 macam kafe navigasi, ibarat yang tampak pada ilustrasi diberikut.

cara install kafe navigasi Android Lollipop Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)

Pertama, kafe navigasi on screen (menyatu dengan layar) yang biasa kita temui pada ponsel dan tablet Android besutan Google (Pixel, Nexus dan Android One), beberapa seri Android LG, Motorola, Sony Xperia, dsb. Kedua ialah kafe navigasi kapasitif (berupa tombol kapasitif yang terpisah dengan layar) yang umum digunakan pada ponsel buatan Asus dan Xiaomi (seri Zenfone, Redmi, dsb). Ketiga, kafe navigasi fisik plus kapasitif (paduan tombol fisik dan kapasitif), ibarat yang terpampang di hampir tiruana seri Samsung Galaxy.


Bila Anda pengguna Android Pixel, Nexus atau Android One, kemungkinan mengalami problem dalam penerapan kafe navigasi sanggup dibilang relatif kecil, alasannya tombolnya menyatu dengan layar. Untuk Anda pengguna seri Zenfone, Redmi, atau Galaxy, sanggup jadi seiring berjalannya waktu, sensitifitas atau fungsi tombol fisik dan/atau kapasitifnya mulai berkurang, bahkan kadang tidak berfungsi sama sekali. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, aplikasi pengganti kafe navigasi (tombol fisik dan kapasitif) ini layak untuk dicoba.

cara install kafe navigasi Android Lollipop Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)cara install kafe navigasi Android Lollipop Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)


Adalah Simple Control, sebuah aplikasi yang berkhasiat untuk memunculkan navbar Android sebagai pengganti tombol fisik atau kapasitif yang tidak berfungsi atau rusak (khususnya tombol navigasi, bukan tombol power atau volume). Asyiknya, selain tidak membutuhkan susukan root dalam penerapannya, Simple Control juga mempunyai tampilan kafe navigasi keren yang ibarat dengan bar navigasi Android Lollipop atau Marshmallow, cek aksinya pada video dari channel YouTube Megampangkan diberikut.


Nah, sudah gamblang kan? Simple Control cocok digunakan pada Android yang tidak mempunyai navbar on screen ibarat ponsel Samsung Galaxy Ace yang saya gunakan pada video di atas (yang kebetulan tombol home fisiknya sudah mulai ngadat sob). Selain sebagai pengganti tombol navigasi fisik/kapasitif yang rusak, Simple Control juga sanggup dimanfaatkan untuk meminimalkan penerapan tombol-tombol tersebut (sebagai tindakan pencegahan biar tidak simpel rusak alias awet). Selamat mencoba 😊
0 Komentar untuk "Pasang Navbar Android On Screen Tanpa Root (Pengganti Tombol Back, Home, & Recent)"

Back To Top