Cara Mengaktifkan Dark Mode Youtube Android Kini Juga

Bagi yang suka nonton video di YouTube malam-malam menjelang pulas, menurunkan tingkat kecerahan layar ponsel hingga mentok kiri mungkin sudah lumrah dilakukan. Iya, selain untuk menjaga kesehatan mata, tidaklah nyaman memandang silaunya layar dikala berada di ruangan yang petang.

Bagi yang suka nonton video di YouTube malam Teknik Mengaktifkan Dark Mode YouTube Android Sekarang Juga

Agar lebih praktis, belum usang ini YouTube secara resmi mengumumkan hadirnya tema petang (dark theme) pada aplikasi iOS dan Androidnya. Per hari ini (atau kemarin?), pengguna aplikasi YouTube untuk iOS sudah dapat menikmati tema atau modus petang tersebut. Lalu Android? Tidak usang lagi sob.

Ya mungkin beberapa ahad hingga sebulan ke depan, fitur dark mode pada aplikasi YouTube Android akan dirilis secara bertahap. Untuk mengecek ketersediaan fitur tersebut, silakan update aplikasi YouTube Android Anda secara terpola melalui Play Store, kemudian jalankan dan ketuk foto profil Anda (kanan atas layar) - Setelan (Settings) - Umum (General) - Tema petang (Dark theme).

Bagi yang suka nonton video di YouTube malam Teknik Mengaktifkan Dark Mode YouTube Android Sekarang Juga

Bila tidak ada pilihan Dark theme atau Tema petang di aplikasi YouTube Anda, harap bersabar, ini ujian spesialuntuk sementara, nanti juga bakalan ada sob, tunggu saja update selanjutnya 😀. Kalau sudah tak sabar, silakan lanjut baca paragraf selanjutnya atau baca update terbaru di selesai artikel.


Teknik Mengaktifkan Tema Gelap YouTube Android


Teknik mengaktifkan dark mode YouTube Android di bawah ini khusus untuk ponsel yang sudah mempunyai terusan ROOT. Kenapa begitu? Karena belum resmi dirilis, kita wajib memodifikasi preferensi aplikasi YouTube secara manual untuk mengaktifkan tema petang. Tekniknya sangat mudah sob.

  1. Pertama pasang doloe aplikasi Preferences Manager. Bisa diunduh gratis dari Play Store.

  2. Jalankan kemudian izinkan Preferences Manager mengakses root, dan cari "youtube".

  3. Di tab youtube.xml, lakukan pencarian dengan kata kunci "dark".

    Bagi yang suka nonton video di YouTube malam Teknik Mengaktifkan Dark Mode YouTube Android Sekarang Juga

  4. Ubah kedua value tersebut dari false menjadi true.

  5. Bila value pada langkah 3 tidak ditemukan, menambahkan secara manual dengan menekan tanda plus - pilih Boolean - ketik app_dark_theme - pilih Add.

    Bagi yang suka nonton video di YouTube malam Teknik Mengaktifkan Dark Mode YouTube Android Sekarang Juga

  6. Ulangi langkah sebelumnya dengan mengetik app_theme_dark_developer.

  7. Tutup aplikasi Preferences Manager dan buka aplikasi YouTube.

  8. Nah, petang kan? Tidak hitam sob, tetapi petang, alasannya Hitam tak selalu Gelap 😎

    Bagi yang suka nonton video di YouTube malam Teknik Mengaktifkan Dark Mode YouTube Android Sekarang Juga

  9. Bila Anda berubah pikiran, ulangi langkah 3 dan ubah true menjadi false untuk mengembalikan kembali background YouTube menjadi putih (seperti sedia kala).

Tidak dapat dipungkiri, hadirnya tema petang di aplikasi YouTube Android dapat menjadi solusi jitu bagi kita yang suka nonton video YouTube malam-malam, di kamar petang, sambil baca komentar (scroll.. scroll.. dan seterusnya 😃). Warna latar petang memang relatif lebih lezat dilihat di kala petang. Selain itu, petang juga dapat melindungi diri kita dari kelelahan, jadi berdoalah sebelum kita pulas, tidakboleh lupa basuh kaki dan tanganmu, tidakboleh lupa doakan mama papa kita 😁

UPDATE 05/07/2018: Sampai update ini diketik, YouTube belum juga merilis fitur mode malam di aplikasi Androidnya, kabarnya dikala ini masih terus dikembangkan sob, jadi kita tunggu saja. Oiya, update artikel ini juga sekaligus memperbarui beberapa arahan mode petang aplikasi YouTube sesuai dengan keadaan terbarunya.

UPDATE 07/09/2018: Hari ini iseng-iseng saya memperbarui aplikasi YouTube Android lewat Play Store dan ternyata masih belum ada pilihan Dark theme di setelannya. Iseng lagi saya hapus data aplikasi YouTube lewat warta aplikasi, tapi tetap saja tema petangnya belum aktif.

Saya tunggu beberapa dikala sambil browsing-browsing lewat Chrome, main Clash Royale sebentar, kemudian balik ke YouTube lagi. Masuk lagi ke Setelan YouTube dan di sana sudah terpampang positif pilihan untuk mengaktifkan Dark theme atau Tema petang.

Nah, dari hasil iseng tersebut dapat disimpulkan bahwa fitur Dark mode/theme atau Tema petang YouTube sudah mulai dirilis secara global sob. Silakan coba cara di paragraf-paragraf di atas untuk mengaktifkannya.
Tag : Tips, YouTube
0 Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Dark Mode Youtube Android Kini Juga"

Back To Top