Cara Menciptakan Sudut Layar Android Membulat [Rounded Corners]

Desain smartphone dikala ini dapat dibilang kurang begitu bervariasi sob, bahkan hampir seragam. Iya, vendor smartphone tampaknya masih bermain di zona kondusif dan tidak ingin mengambil resiko. Desain mana yang dinilai menarikdanunik, sesuai seruan pasar, dan dapat diproduksi dengan biaya rendah, itulah yang akan dipilih.

Desain smartphone dikala ini dapat dibilang kurang begitu bervariasi sob Teknik Membuat Sudut Layar Android Membulat [Rounded Corners]

Meski demikian, ada beberapa vendor yang mencoba untuk melaksanakan penemuan pada desain smartphone mereka, sebut saja Samsung dengan Galaxy Round-nya atau LG dengan Flex-nya. Keduanya memakai layar melengkung (cekung) yang ternyata kurang disambut pasar.

Tak berhenti hingga di situ, dirilislah Samsung Galaxy Note Edge, smartphone pertama dengan layar lengkung di kedua sisinya, yang diteruskan dengan seri Edge lainnya. Nah, desain tersebut ternyata terlihat lebih keren, glamor dan diminati pasar sob.

Yang paling kekinian, Xiaomi menghadirkan desain smartphone dengan layar yang nyaris tanpa bingkai; Mi Mix; ditambah dengan sudut-sudut layar yang membulat (rounded corner secara fisik, bukan dampak layar). Bukan hal gres memang, layar tanpa bingkai sebelumnya pernah dipakai pada Sharp Aquos Crystal; ditambah sudut membulat pada smartphone konsep Sharp Corner R.

Masih ada lagi sob, menurut rumor dan bocoran foto yang beredar, LG G6 dan Galaxy S8 kemungkinan juga akan mengusung layar dengan sudut-sudut yang membulat (meski masih berbingkai lebar). Apakah sudut layarnya benar-benar membulat secara fisik atau spesialuntuk bingkainya? Masih belum jelas, soalnya belum dirilis. UPDATE 13/04/2017: Iya, LG G6 dan Samsung Galaxy S8 sudah resmi dirilis dan sudut layarnya memang membulat secara fisik sob 😀

Desain smartphone dikala ini dapat dibilang kurang begitu bervariasi sob Teknik Membuat Sudut Layar Android Membulat [Rounded Corners]

Jadi apakah sudut layar bundar akan jadi tren gres dalam desain smartphone? Walau terkesan retro, ada kemungkinan ke arah situ sob. Selain lebih lembut, sudut membulat mempersembahkan tampilan yang unik dibandingkan sudut layar biasa (lancip) yang alhasil kaku.


Teknik Membuat Sudut Layar Android Kaprikornus Bulat


Lebih jauh terkena rounded corner, sekitar dua tahun yang kemudian Megampangkan pernah mengulas ihwal aplikasi RoundR, sebuah aplikasi Android yang berkhasiat untuk mengubah sudut-sudut tajam layar Android Anda menjadi lebih halus dan membulat (macam tahu bundar 😄).


Sayangnya aplikasi tersebut sekarang sudah dua tahun lebih tidak mendapat update, sehingga tidak dapat lagi melengkungkan sudut layar smartphone Android versi terbaru. Sebagai alternatif, kita dapat memakai aplikasi Cornerfly.


Aplikasi Cornerfly untuk Android


Aplikasi Android untuk membulatkan sudut layar tersebut masih terbilang gres sob, namun fungsinya sudah dapat kita andalkan, terutama pada Android versi gres (4.0 ke atas) dengan warna body depan petang atau hitam (putih juga dapat namun kurang terasa dampak membulatnya). UPDATE 13/04/2017: Sekarang kita dapat mengatur warna sudut di aplikasi Cornerfly, jadi apapun warna hapenya ga duduk kasus sob, dapat disesuaikan.

Untuk membuat sudut layar Android membulat dengan Cornerfly, silakan unduh, pasang, kemudian jalankan aplikasinya, nyalakan izin Aksesibilitas, dan beres sudah.

Lebih lanjut, Cornerfly menunjukkan beberapa pengaturan khusus untuk tiap-tiap aplikasi yang terpasang di smartphone Android. misalnya, kita dapat mengatur Cornerfly supaya tidak membulatkan sudut layar ketika aplikasi YouTube terbuka.

Desain smartphone dikala ini dapat dibilang kurang begitu bervariasi sob Teknik Membuat Sudut Layar Android Membulat [Rounded Corners]

Selain itu, kita juga dapat menemukan fitur-fitur komplemen diberikut:

  • slider untuk mengatur seberapa bundar sudut layar sesuai cita-cita (khusus Cornerfly Plus), 
  • opsi untuk menghidupmatikan bulatan di status bar/navbar, 
  • pilihan sudut mana saja yang dibulatkan (kanan-kiri; atas-bawah atau tiruananya), 
  • serta pengaturan eksklusif dari notifikasi.


Simpulannya, buat Anda yang menginginkan dampak sudut membulat pada layar smartphone Anda dikala ini (belum berencana untuk membeli smartphone gres dengan sudut layar yang beneran bulat), aplikasi Cornerfly yaitu solusi yang tepat. Selamat mencoba 😊
0 Komentar untuk "Cara Menciptakan Sudut Layar Android Membulat [Rounded Corners]"

Back To Top