Mengubah Layar Android Menjadi Hitam Putih (Monokrom) Tanpa Aplikasi

Anak-anak pertama 90-an mungkin pernah mengalami kala hitam putih, sebuah masa di mana media masa (macam koran dan televisi) masih didominasi oleh dua warna dasar tersebut. Main game pun (gimbot - game watch) layarnya juga hitam putih.

an mungkin pernah mengalami kala hitam putih Mengubah Layar Android Menjadi Hitam Putih (Monokrom) Tanpa Aplikasi

Telepon genggam atau ponsel masih jarang adanya, kalaupun ada niscaya spesialuntuk orang berada yang punya, layarnya masih hitam putih jua sob. Sekarang pun para mahasiswa masih bersahabat dengan warna hitam putih; foto kopi makalah contohnya 😃.

Di masa kini, tiruana media sudah kaya akan warna. Teknologi layar hitam putih semakin jarang dipakai (kecuali untuk perangkat-perangkat tertentu menyerupai ebook reader misalnya). Telepon genggam, atau yang kini lebih sering disebut smartphone, wajib punya layar berwarna semoga laris di pamasukan. Ada sih smartphone yang masih dilengkapi layar hitam putih atau monokrom, tapi lebih ke gimmick saja saya rasa.

Di tengah dunia yang penuh warna ini, terkadang kita (anak-anak 90-an) ingin kembali ke masa kemudian dan mencicipi lagi kala monokrom. Mungkin pula generasi millennial menyerupai kalian (iya, kalian) ingin mengalami indahnya kala tersebut. Oleh sebab itu, tips Megampangkan kali ini patut untuk dicoba sob.

Iya, menyerupai tertulis di judul artikel, kali ini kita akan mengulas bagaimana cara mengubah layar ponsel Android yang penuh warna-warni menjadi hitam putih saja, tanpa pakai aplikasi apapun, tapi ada syaratnya. Untuk mengikuti tips ini, kita wajib memakai smartphone dengan Android 5.1 Lollipop atau yang lebih tinggi.


Teknik Mengubah Layar Android Makara Hitam Putih atau Monokrom


  1. Buat yang belum, silakan aktifkan terlebih lampau Developer options atau Opsi pengembang Android melalui "Setelan", "Tentang ponsel", kemudian ketuk "Nomor bentukan" sebanyak 7 kali.

  2. Selanjutnya kembali ke "Setelan", tuju "Opsi pengembang", dan cari "Simulasikan ruang warna".

    an mungkin pernah mengalami kala hitam putih Mengubah Layar Android Menjadi Hitam Putih (Monokrom) Tanpa Aplikasi


  3. Kemudian pilih "Monokromasi"

    an mungkin pernah mengalami kala hitam putih Mengubah Layar Android Menjadi Hitam Putih (Monokrom) Tanpa Aplikasi


  4. Nah, mulai kini layar ponsel kita akan bermetamorfosis monokrom, tunggal warna, grayscale, atau apalah sebutannya, yang niscaya mayoritas hitam putih sob. Bagaimana, keren kan? 😁 (kiri: mode wana biasa, kanan: mode monokrom).

    an mungkin pernah mengalami kala hitam putih Mengubah Layar Android Menjadi Hitam Putih (Monokrom) Tanpa Aplikasi


  5. Pengen berwarna lagi? Ulangi langkah di atas dan pilih "Nonaktifkan" pada opsi "Simulasikan ruang warna".

Selain mempersembahkan dampak nostalgia, hitam putihnya layar Android kita dapat juga bermanfaa untuk mengurangi kecanduan smartphone atau media umum sob. Kok bisa? Logikanya, tampilan layar monokrom relatif jauh lebih tidak menarikdanunik daripada layar berwarna. Makara kita makin jarang main hape dan semakin sering melaksanakan hal lain yang lebih berguna.

Masih ada lagi sob, khusus untuk ponsel Android berlayar AMOLED, setelan layar monokrom terang akan membuat baterai lebih hemat, sebab layar tersebut hampir tidak membutuhkan energi untuk menampilkan warna petang.

Btw, ngetik "hitam putih" dan "monokrom" jadi ingat lirik lagu ini: Lembar monokrom hitam putih, Aku coba ingat warna demi warna di hidupku. Tak akan ku mengenal cinta, bila bukan sebab hati baikmu 😉 Selamat mencoba 😊
Tag : Android, Tips
0 Komentar untuk "Mengubah Layar Android Menjadi Hitam Putih (Monokrom) Tanpa Aplikasi"

Back To Top