Cara Memblokir Saluran Internet Aplikasi Android Tanpa Root [Netguard]

Seperti yang kita tahu, semenjak versi 6.0 (Marshmallow), sistem operasi Android sudah dilengkapi dengan pengaturan izin aplikasi (app permission) yang memungkinkan kita untuk memblokir izin tertentu yang diminta/dimiliki oleh suatu aplikasi (izin saluran ke kamera atau mikrofon misalnya).

 sistem operasi Android sudah dilengkapi dengan pengaturan izin aplikasi  Teknik Memblokir Akses Internet Aplikasi Android Tanpa Root [NetGuard]

Terdengar menjanjikan ya, namun akungnya tidak tiruana izin aplikasi Android dapat kita matikan atau blokir. Salah satu izin aplikasi yang tak dapat dimatikan yakni izin saluran jaenteng penuh (full network access), yang memungkinkan suatu aplikasi untuk mengakses internet.

Untuk aplikasi yang memang butuh saluran internet (aplikasi perpesanan instan macam WhatsApp dan BBM contohnya), adanya izin saluran jaenteng penuh dapat dikatakan wajar, bahkan bersifat wajib (karena tanpa internet pesan tak dapat dikirim dan diterima). Lain halnya dengan aplikasi senter, kalkulator, stopwatch, engkaus offline, dan aplikasi yang berlabel offline lainnya, untuk apa aplikasi-aplikasi tersebut minta izin untuk mengakses internet?

Iklan, iya, lebih banyak didominasi aplikasi Android memakai izin saluran jaenteng penuh untuk menampilkan iklan. Tak ada yang salah dengan adanya iklan, alasannya yakni para pengembang aplikasi berhak untuk mendapat penghasilan dari aplikasi yang mereka bagikan secara gratis kepada kita, para pengguna Android.

Meski begitu, ada saja beberapa aplikasi Android yang sengaja menampilkan iklan secara berlebihan atau menempatkannya di posisi yang salah, sehingga mengganggu fungsi dari aplikasi itu sendiri. Nah, dalam konteks tersebut, kita sebagai pengguna punya hak untuk memblokir saluran internet aplikasi tersebut (agar iklannya tidak tampil), atau beralih ke lain aplikasi yang lebih 'sopan' dalam menampilkan iklan.

Bagi pengguna Android yang sudah mempunyai akses root, memblokir atau mencegah suatu aplikasi Android mengakses internet yakni hal yang praktis dilakukan. Cukup pasang aplikasi firewall yang banyak beredar di Play Store, kemudian tinggal pilih aplikasi Android mana saja yang boleh mengakses internet dan yang tidak. Beres dah.

Lalu bagaimana dengan Android yang belum di-root? cepatdangampang juga sob ternyata, untuk Anda pengguna Android 5.0 ke atas yang belum punya saluran root, silakan pasang aplikasi NoRoot Firewall).

Kan banyak aplikasi firewall tanpa root di Play Store? Ini beda sob, NetGuard ialah aplikasi yang mempunyai kegunaan untuk memblokir saluran internet aplikasi Android (baik melalui jaenteng seluler maupun WiFi) yang gratis, minimalis, enteng, dan irit baterai. Selain itu, NetGuard sudah mendukung IPv4 dan IPv6, serta TCP dan UDP, sehingga mampu memblokir koneksi internet mulai dari 2G, 3G, HSDPA, hingga 4G LTE.

 sistem operasi Android sudah dilengkapi dengan pengaturan izin aplikasi  Teknik Memblokir Akses Internet Aplikasi Android Tanpa Root [NetGuard]

Teknik memblokir saluran internet aplikasi Android memakai NetGuard juga tidak susah sob. Ikuti saja intruksi yang muncul, aktifkan NetGuard, kemudian ketuk ikon WiFi untuk mencegah aplikasi mengakses internet via WiFi dan/atau ketuk ikon sinyal untuk memblokir saluran internet aplikasi via seluler. Kedua ikon tersebut akan berubah warna setelah diketuk; warna oranye berarti saluran internet diblokir, warna hijau berarti saluran internet diizinkan.

Nah, selain bebas dari iklan yang berlebihan, dengan memblokir saluran internet pada aplikasi Android, kuota data internet kita akan lebih irit sob, privasi juga lebih terjaga (tak perlu khawatir lagi pada pencurian data langsung melalui internet oleh aplikasi yang mungkin Anda curigai). Selamat mencoba 😊
0 Komentar untuk "Cara Memblokir Saluran Internet Aplikasi Android Tanpa Root [Netguard]"

Back To Top