Muviz: Menampilkan Music Visualizer Di Navbar Android Tanpa Root

Apa itu music visualizer? Singkatnya, music visualizer yakni visualisasi (berupa animasi) yang tampil ketika musik diputar. Iya benar sob, ibarat dampak visualisasi yang ada di Winamp atau AIMP untuk Windows. Ketika musik mengalun, visualizer akan bergerak sesuai iramanya (sinkron), jadi selain mendengar, kita juga akan disuguhi tampilan menarikdanunik dari visualisasi musik tersebut.

 ibarat dampak visualisasi yang ada di Winamp atau AIMP untuk Windows Muviz: Menampilkan Music Visualizer di Navbar Android Tanpa Root

Sayangnya, ketika ini aplikasi Winamp dan AIMP untuk Android (bahkan PowerAmp sekalipun) belum menyediakan fitur music visualizer. Apakah ada aplikasi music player Android yang bisa menampilkan visualizer? Ada sob, tapi bukan itu yang akan kita bahas kali ini. Biar lebih megampangkan, pada peluang ini kita akan mengulas cara menampilkan music visualizer di navbar Android tanpa root, dan tanpa bergantung pada aplikasi music player tertentu.

Pakai aplikasi? Tentu saja sob, namanya Muviz. Aplikasi Android yang dikembangkan oleh Perfect Apps tersebut bisa menampilkan visualisasi audio (baik yang berasal dari pemutar musik maupun pemutar video) pada kafe navigasi Android. Bagaimana dengan perangkat Android yang tak punya navbar onscreen? Tak masalah, Muviz sudah menyediakan pengaturan khusus untuk menampilkan visualisasi musik sempurna di dasar layar Android yang tidak mempunyai kafe navigasi on screen (Settings > Visualization Position > Place Viz above Navigation Bar).

Lalu bagaimana cara memunculkan visualisasi musik di Android dengan Muviz? cepatdangampang sekali sob, download dan jalankan Muviz, hidupkan melalui tombol 'Show Visualization', kemudian pilih (atau buat baru) visualizer sesuai selera (pilih 'Go Live'), kemudian putar musik atau video dengan aplikasi kesukaan Anda. Tak berselang lama, visualizer akan otomatis muncul di navbar atau sisi bawah layar Android Anda. Cek video singkat diberikut supaya lebih gamblang.

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on


Pada video tersebut, saya mencoba memutar video melalui YouTube, kemudian menghidupkan Muviz untuk memunculkan visualizer di navbar (langkahnya sedikit tidak sama dengan langkah di paragraf sebelumnya, tapi pada dasarnya sama saja sob :D). Selain YouTube, Muviz juga bisa menampilkan navbar ketika kita memutar musik/video memakai PowerAmp, Google Play Music, Spotify, MX Player, dan lain sebagainya.

Nah, menampilkan music visualizer di navbar Android tanpa root? cepatdangampang sob ternyata. Selamat mencoba :)
0 Komentar untuk "Muviz: Menampilkan Music Visualizer Di Navbar Android Tanpa Root"

Back To Top