Twitter Lite: Aplikasi Twitter Ringan Untuk Android

Pada artikel 10 Aplikasi Lite Android Terbaik: Ringan, Cepat, dan Hemat, saya sempat menyinggung wacana mobile.twitter.com. Iya, laman tersebut yaitu versi enteng dari situs web Twitter. Ringan bagaimana? Yang terang jauh lebih enteng daripada twitter.com yang biasa kita jalan masuk via PC sob.

 laman tersebut yaitu versi enteng dari situs web Twitter Twitter Lite: Aplikasi Twitter Ringan untuk Android

Lebih lanjut, enteng dalam konteks tersebut bisa berarti cepat dimuat dan ekonomis kuota internet (bahkan cukup lancar meski diakses dari jaenteng 2G (EDGE/GPRS). Bagaimana bisa begitu?

Berdasarkan keterangan pada blog resminya, Twitter memakai Progressive Web App, sebuah teknologi yang menggabungkan aplikasi dengan web untuk menghasilkan pengalaman menyerupai memakai aplikasi, namun dalam bentuk laman web, jadi tidak perlu diinstall sob.

Bagus sih, tapi rasanya tetap kurang greget bila bentuknya cuma laman web, kenapa tidak dibikin aplikasi menyerupai Facebook Lite atau YouTube Go saja? Benar sekali sob, niscaya lebih keren bila ada aplikasi Twitter Lite 😉

Dan menyerupai yang sudah kita duga sebelumnya, Twitter karenanya membungkus laman mobile.twitter.com ke dalam sebuah paket aplikasi Android yang dinamai Twitter Lite. Tak jauh beda dengan langkah yang ditempuh Facebook dan YouTube, ketika ini Twitter Lite masih dalam tahap tes kemampuan dan pemahaman di negara tertentu saja, yaitu Filipina.

 laman tersebut yaitu versi enteng dari situs web Twitter Twitter Lite: Aplikasi Twitter Ringan untuk Android

Walau demikian, kita (pengguna Android di Indonesia) sudah bisa mencoba aplikasi Twitter Lite melalui APK yang bisa diunduh melalui link di selesai artikel.

UPDATE 17/08/2018: Aplikasi Twitter Lite sekarang sudah resmi dirilis di Indonesia sob, jadi bisa pribadi diunduh lewat Play Store (link ada di selesai artikel).

Secara default, Twitter Lite tentu sudah diatur sedemikian rupa semoga tidak rakus kuota internet, namun bila dirasa kurang hemat, kita bisa mengaktifkan opsi "Penghemat data" (ketuk foto profil di Beranda - Penghemat data). Saat Penghemat data aktif, foto/video yang tampil di linimasa Twitter tidak dimuat sepenuhnya sob, spesialuntuk gambar blur dan juga tombol untuk memuatnya (seperti screenshot diberikut).

 laman tersebut yaitu versi enteng dari situs web Twitter Twitter Lite: Aplikasi Twitter Ringan untuk Android


Nah, semakin banyak saja aplikasi yang mempunyai versi lite sob. Facebook sudah, Twitter sudah, YouTube pun demikian. Jadi kapan nih giliran Instagram Lite atau WhatsApp Lite dirilis? Kita tunggu saja sob sembari icip-icip Twitter Lite. Selamat mencoba 😊

Download Twitter Lite APK | Play Store
Tag : Android, Lite, Twitter
0 Komentar untuk "Twitter Lite: Aplikasi Twitter Ringan Untuk Android"

Back To Top